Berbagi Lagu di Satelit Cell

oleh Syafiatudina

Satelit Cell merupakan salah satu dari beberapa counter handphone di Kios Cendramata, Pati. Satelit Cell sendiri terdiri atas dua kios toko yang terpisah, dengan spesialisasi yang juga berbeda. Kios pertama, dikhususkan untuk penjualan handphone dan software, sedangkan kios kedua untuk servis handphone. Saya mengamati kios Satelit Cell yang khusus untuk penjualan handphone dan software, selama dua hari berturut-turut, mulai tanggal 25 hingga 26 Juni 2010.

Satelit Cell dilengkapi dengan koneksi internet. Jika ada yang ingin meminta lagu maka akan dicarikan lewat Google. Tapi selama observasi, momen pencarian lagu lewat Google hanya terjadi dua kali. Lebih banyak kesempatan di mana lagu yang dicari, sudah ada di database milik Satelit Cell.

Layanan “pengkopian lagu” ini memang merupakan andalan dari Satelit Cell. Menurut Ardi, salah satu  penjaga counter, setiap jam pulang sekolah, counter akan ramai karena kehadiran siswa-siswi SMA 1 dan SMA 3 Pati. Siswa-siswi ini datang untuk mengkopi lagu-lagu terbaru yang dimiliki oleh Satelit Cell. Sayangnya pada saat observasi dilakukan, kedua sekolah tersebut dan sekolah-sekolah lainnya di Pati, sedang memasuki musim liburan.

Saya juga tertarik untuk memperhatikan perilaku mendengar musik dari para pengunjung counter Satelit Cell. Ketika saya sedang observasi di hari pertama, seorang remaja laki-laki datang dan meminta Ardi untuk mengkopikan lagu-lagu terbaru. Dia tidak menyebutkan dengan spesifik, artis, judul lagu dan judul album tertentu. Dengan sigap, Ardi langsung mengkopikan seluruh lagu yang ada dalam folder bernama “mp3 new”.

Di lain kesempatan, seorang remaja laki-laki datang juga untuk mengkopi lagu. Berbeda dengan pengunjung pertama, pengunjung kedua ini cenderung pemilih. Dia menyebutkan beberapa musisi yang dia sukai, dan meminta Susanto, salah satu penjaga counter, untuk memberikan mp3 serta merekomendasikan, lagu-lagu baru apa yang kira-kira akan dia sukai.

Baik kedua pengunjung ini maupun pengunjung lainnya yang datang untuk mengkopi lagu, hampir semuanya mengambil lagu dalam bentuk single. Tidak ada yang meminta dalam bentuk satu album lengkap. Saya mencoba mengonfirmasikan hal ini pada Ardi. Menurut Ardi, memang para pengunjung ini hanya meminta single dari musisi yang sering diputar di televisi. Satelit Cell juga hanya menyediakan single-single dari berbagai musisi. Format single ini juga berlaku bagi musik dangdut, house music, keroncong, dan campur sari.

Format album hanya berlaku bagi musisi dan album tempo dulu, misalnya seperti Koes Plus, Ebiet G. Ade, dan sebagainya. Ini juga berlaku pada pengunjung yang menginginkan lagu-lagu tempo dulu. Rata-rata menginginkan dalam bentuk album utuh, bukan hanya single.

Hal lain yang menarik adalah bagaimana para penjaga Satelit Cell memberi nama pada file-file lagu tersebut. Saya memperhatikan bahwa Satelit Cell menambahkan nama counternya dalam file name lagu-lagu yang dimilikinya. Misalnya seperti Bunga_Citra_Lestari-karena-kucinta-kau[[satellit_cell]]. Menurut Susanto, jika lagu tersebut dikopi dari satu orang ke orang lain, mereka akan tetap tahu bahwa lagu tersebut berasal dari Satellit Cell. Selain itu, penamaan ini dilakukan khusus pada lagu-lagu yang baru saja didownload.

Layanan pengkopian lagu, tidak memiliki tarif yang pasti. Menurut Ardi, tergantung dengan pengunjung. Jika yang dikopi banyak dan memilihnya lama, maka biaya yang dikenakan 15-20 ribu. Sedangkan jika hanya sedikit yang dikopi dan memilihnya cepat, maka biaya yang dikenakan 5-10 ribu. Harga ini juga berlaku pada layanan pengkopian games, aplikasi, video dan theme. Faktor langganan atau tidak pun cukup berpengaruh. Langganan akan mendapatkan harga yang lebih murah, bahkan terkadang gratis, dibandingkan dengan yang baru pertama kali datang.

Seringkali “pengkopian lagu” juga dijadikan sebagai penawaran dalam jual beli handphone. Misalnya, beli handphone Nexian memang lebih mahal daripada IMO atau HT. Tapi jika beli Nexian akan diberi bonus lagu-lagu terbaru.